5 Cara Mencari Keyword Potensial dengan Mudah

5 Cara Mencari Keyword Potensial dengan Mudah

website

Dalam membuat sebuah konten, entah konten website atau konten marketing, Anda perlu membidik kata kunci yang tepat. Untuk mendapatkannya, maka Anda perlu menerapkan cara mencari keyword potensial.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan tools sebagai berikut ini:

5 Cara Mencari Keyword Potensial dengan Mudah
5 Cara Mencari Keyword Potensial dengan Mudah
  • Ubersuggest

Tools milik Neil Patel ini merupakan tool yang bisa Anda gunakan secara gratis maupun berbayar. Tentunya, jika Anda menggunakan versi gratis, Anda hanya bisa menggunakan fitur secara terbatas. Jadi, kurang spesifik untuk Anda yang mencari data secara mendetail.

Data yang Anda dapatkan diantaranya:

  1. Saran keyword.
  2. Volume keyword.
  3. Kadar kesulitan persaingan keyword.

Dari informasi-informasi di atas, Anda bisa menyeleksi keyword mana yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan Anda. Misalnya untuk kebutuhan marketing.

  • Google Keyword Planner

Jika Anda mencari yang gratis tapi cukup lengkap, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Produk dari Google ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya saat riset keyword.

Sebelum Anda menggunakan Google Keyword Planner, maka Anda harus memiliki akun di Google Ads terlebih dahulu. Baru setelah itu, cara mencari keyword ini bisa dilakukan:

  1. Memilih fitur yang akan digunakan. Misalnya mencari kata kunci baru.
  2. Melakukan filter dam mencari kira-kira kata kunci mana saja yang cocok dengan kebutuhan.

Bagaimana jika tidak tahu kata kunci apa yang akan dibidik? Anda bisa memanfaatkan Google Keyword Planner untuk mengecek keyword milik competitor. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut dan bersaing dengan kompetitor Anda.

  • MOZ

MOZ termasuk sebagai salah satu aplikasi premium dimana Anda perlu berlangganan untuk menggunakannya. Walaupun begitu, Anda bisa menggunakan fitur yang cukup lengkap dengan data yang detail. Mulai dari riset keyword hingga backlink yang sudah Anda tanam.

Jika Anda ragu apakah akan menggunakan Moz dan apakah cocok atau tidak, Anda bisa menggunakan masa trial terlebih dahulu. Namun, setelah itu, Anda harus membayar biaya paket per bulan sesuai dengan ketentuan.

  • SEMRush

SEMRush memiliki masa trial dan versi premium. Tools yang memiliki fitur lengkap ini mampu menghasilkan data yang cukup lengkap.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan akses untuk bisa melakukan riset keyword hingga 10x pencarian dalam waktu 24 jam. Keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan versi gratis atau versi trial. Namun, setelah itu, Anda perlu menggunakan versi berbayar jika ingin menggunakan SEMRush untuk mendapatkan keyword yang dibidik.

  • Ahref

Ahref termasuk sebagai salah satu tools paling banyak digunakan untuk optimasi SEO. Tools ini bisa digunakan untuk melakukan riset keyword hingga mengecek backlink.

Untuk menggunakan Ahref, Anda bisa menggunakan versi gratis, trial atau berbayar. Namun, jika Anda ingin hasil yang optimal, maka Ahref berbayar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Dengan cara mencari keyword di atas, Anda bisa mendapatkan keyword potensial yang Anda butuhkan. Selamat mencoba!