Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca dan Dipelajari

Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca dan Dipelajari

Others

Dalam hal menulis artikel yang menarik memiliki beberapa keunikan. Selain itu ada kaidah-kaidah yang harus tetap terpenuhi. Supaya dapat menampilkan tulisan menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu hobi menulis merupakan salah satu faktor yang membuat tulisan Anda menjadi menarik. Di tambah dengan hobi membaca dari berbagai macam referensi untuk menambah karakter tulisan Anda.

Apapun jenis artikel yang ditulis harus disusun dengan teratur, mulai lah mengatur ide dan informasi yang akan disajikan. Setelah itu tulis dengan kata dan kalimat efektif tidak banyak tele-tele.

Panduan Menulis Artikel yang Menarik

Ada beberapa tahap yang harus di ikuti jika Anda ingin menulis dengan kualitas terbaik. Artikel yang enak dibaca dan menarik tentunya memiliki struktur, format, ide dan gagasan proporsional. Semua komponen harus terpenuhi agar mudah dipahami.

Inilah beberapa langkah dalam penyusunan tulisan yang baik dan benar. Langkah-langkah seperti ini biasanya digunakan oleh jasa penulis artikel.

  1. Mencari Tema

Dalam hal pencarian tema ini Anda harus banyak mencari informasi sebanyak mungkin. Bisa dengan mengunjungi berbagai macam website, atau bisa juga membaca referensi dari majalah.

Pengumpulan ide dan gagasan ini merupakan inti dari penulisan ini. Karena ini menjadi poin penting, ketika tulisan mempunyai ide unik maka itu bisa menambah nilai lebih pada tulisan Anda.

Selain itu harus pandai-pandai memilih sumber referensi, di zaman digitalisasi ini sering kita jumpai berbagai macam informasi online. Tulisan berkualitas tentunya mempunyai fakta dan data valid.

Sebisa mungkin sajikan tema sesuai dengan kebutuhan pembaca. Mampu memenuhi keingintahuan pembaca, terlebih lagi dapat menghibur pembaca itu akan menjadi artikel yang menarik untuk dibaca.

Akan lebih bagus sebelum ditulis tema di teliti terlebih dahulu, mungkin bisa dimulai dengan riset keyword, judul atau hal lain mengenai ide dan gagasan.

  1. Langkah Penulisan

Dalam proses penulisan juga hindari kata dan kalimat panjang. Lebih sering gunakan kalimat pendek tetapi mudah dipahami. Setiap tulisan harus memiliki paragraf pembuka.

Seperti sudah dipelajari ketika sekolah, dalam suatu tulisan harus berisikan paragraf pembuka, paragraf isi dan paragraf penutup. Hal ini berlaku juga pada artikel. Usahakan setiap paragraf tidak lebih dari 2-3 kalimat atau jangan melebih 3 baris.

Hal ini berpengaruh kepada kenyamanan pembaca. Jangan banyak melakukan pengulangan kata, agar lebih nyaman biasanya bisa diganti dengan kata sinonim atau kata lain memiliki arti yang sama. Selain itu batasi kata agar tidak banyak basa basi.

Isi tulisan juga harus memberikan informasi fakta dan data valid sehingga pembaca mendapatkan manfaat dari artikel yang dibaca. Serta ceritakan fakta dan data tersebut dengan menarik.

Dalam menulis artikel ini butuh motivasi karena memang sering kali penulis sulit mendapatkan ide. Oleh karena itu harus sering membaca agar bisa membuat artikel yang menarik.