Jenis-Jenis Backlink Yang Tepat Untuk Website Anda

Others

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai pengertian dan cara kerja SEO, optimasi sebuah situs web bisa juga dilakukan dengan menggunakan jenis backlink berkualitas dalam halaman situs tersebut. Dengan backlink berkualitas, optimasi off-page situs web akan semakin meningkatkan ranking situs web. Backlink sendiri merupakan link situs web Anda yang ditautkan ke dalam situs web orang lain atau sebaliknya. Backlink sering juga disebut external link atau inbound link. Backlink ini merupakan salah satu dari sekian banyak faktor pendukung suksesnya SEO sebuah situs web. Berikut adalah jenis backlink yang tepat untuk website Anda.

Kontekstual

Contextual links atau link kontekstual adalah backlink yang disisipkan di dalam sebuah artikel (konten). Jenis backlink yang satu ini biasanya sangat dipercaya ampuh untuk menaikkan SEO dan kepercayaan dari pengguna karena letaknya yang ada di dalam sebuah bacaan. Bayangkan, saat sedang membaca artikel dalam topik tertentu, Anda diberikan suguhan lagi untuk membaca konten dari situs web lain yang pastinya tetap related dengan artikel yang sedang Anda baca. Pengguna akan senang dan percaya, kemudian merekomendasikannya pada orang lain.

Relevan

Baik link kontekstual atau jenis backlink lainnya, Anda tetap harus memasukkan backlink yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Misalnya, situs web Anda bertopik tentang SEO, maka pilih juga situs web lain bertema SEO yang bisa disisipkan backlink ke situs web Anda. Dengan begini, artikel dan situs tautan jadi sama-sama relevan. Jangan sembarangan memasukkan backlink karena biasanya kalau tidak relevan algoritma Google pun bisa mengetahuinya.

Bedakan Tag ‘Nofollow’ dan ‘Dofollow’

Penghitungan algoritma Google membagi jenis backlink ke dalam dua tag yakni Nofollow dan Dofollow. Nofollow adalah tag backlink yang memerintahkan mesin pencari untuk tidak ikut memasukkan link tersebut dalam penghitungan ranking SEO. Sedangkan Dofollow sebaliknya, link ini memerintahkan mesin pencari untuk ikut memasukkan link yang bersangkutan ke dalam penghitungan ranking SEO. Tag ini biasanya terdapat dalam sebuah URL situs web dengan tulisan ‘rel=nofollow’ atau ‘rel=dofollow’.

Datang dari Situs Web Berkualitas

Sebenarnya backlink menuju situs web Anda bisa datang dari mana saja. Tetapi lebih baik lagi kalau backlink tersebut datang dari situs web yang berkualitas. Maksud berkualitas di sini adalah situs web tersebut sudah memiliki banyak pengunjung, dipercaya banyak orang, dan berumur lama. Karena datang dari situs web berkualitas, situs web Anda pun akan dianggap berkualitas pula oleh mesin pencari.