Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Others website

Surat lamaran kerja juga dapat diartikan sebagai suatu surat dari calon karyawan atau karyawati pada calon pimpinan yang berisi permintaan untuk dapat diberikan pekerjaan sebagai karyawan atau karyawati oleh calon pimpinannya. Surat lamaran kerja juga terdapat unsur-unsurnya yaitu mempunyai bentuk yang menarik, mempunyai bahasa yang menarik, dapat menggambarkan suatu kemampuan dari pelamar kerja dan tepat pada sasarannya. Surat lamaran kerja yaitu bersifat resmi atau formal, seperti surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan sebagai karyawan maupun jabatan tertentu, yang sesuai dengan iklan yang ditawarkannya. Pelamar dalam surat lamaran kerja juga perlu memberikan suatu sumber lamaran tersebut untuk paragraf pembuka atau alinea. Jika lamaran tersebut tidak berdasarkan suatu sumber, maka hal ini tentunya tidak diperlukan penyebutan sumber yang terdapat pada aline pembuka.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Terdapat fungsi dari surat lamaran kerja yang dapat menambah pengetahuan sekaligus wawasan anda, sehingga anda dapat mengetahui apa saja fungsinya. Dengan adanya fungsi ini juga dapat membantu anda untuk dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Berikut fungsi surat lamaran kerja, yaitu:

  1. Fungsi surat lamaran kerja sebagai tanda tertulis secara resmi mengajukan permohonan pekerjaan hal ini merupakan fungsi yang utama dari surat lamaran kerja, karena dengan adanya surat lamaran kerja hal ini berarti permohonan tersebut sifatnya yang resmi dan tentu akan dapat langsung diterima, sebagai permohonan serta bahan pertimbangan untuk dapat menerima pelamar tersebut. selain itu fungsi yang kedua yaitu sebagai alat komunikasi yang merupakan salah satu fungsi yang paling dasar untuk setiap surat, karena setiap surat tentunya sudah dapat dipastikan akan mengandung informasi yang tentunya dibutuhkan atau diperlukan oleh pihak perusahaan yang dituju, didalam surat lamaran untuk informasi yang dibutuhkan yakni informasi tentang data dan identitas dari pelamar dan surat lamaran kerja biasanya terdapat lampiran ijazah, daftar riwayat hidup, foto copy ktp dan juga keterangan pengalaman pekerjaan, untuk semua informasi tersebut sangat diperlukan oleh perusahaan atau instansi yang dilamar atau dituju sebagai bahan pertimbangan agar dapat menerima pelamar tersebut. Maka dari itu pelamar selalu memperhatikan informasi dalam surat lamaran tersebut serta mempersiapkan semua prasyarat yang dibutuhkan. Untuk fungsi yang terakhir yaitu sebagai bahan pertimbangan, hal ini merupakan kebutuhan untuk dapat melakukan sebuah pertimbangan untuk perusahaan menerima dari pelamar yang dengan baik dan tepat mengisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Baca juga : contoh bentuk proposal skripsi

Bagi anda yang akan membuat surat lamaran pekerjaan, mungkin beberapa penjelasan mengenai fungsi surat lamaran kerja diatas dapat membantu anda, sehingga anda dapat membuat serta menulis lamaran kerja dapat tersusun dengan baik dan surat lamaran kerja menjadi sebuah surat dari seseorang untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan untuk diterima pekerjaan.