Cara Membuat Iklan Melalui Facebook Ads

Others

Menurut Penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, Indonesia merupakan negara penyumbang pengguna facebook terbesar ke empat di dunia, hal ini membuktikan bahwa sekitar 130 juta atau lebih dari setengahnya penduduk Indonesia merupakan pengguna facebook.

Nah, untuk kamu yang seorang bisnisman atau menyukai marketing, dapat memanfaatkannya dengan mencoba memasarkan dan memasang iklan melalui jejaring media sosial satu ini. Setidaknya anda dapat menjangkau semua penduduk Indonesia dengan memasang iklan melalui Facebook. Iklan tersebut dinamakan Facebook Ads.

Facebook Ads adalah media beriklan yang ditujukan kepada para pengguna facebook.Penempatan iklan tersebut biasanya berada pada halaman beranda. Iklan tersebut dapat berupa video atau gambar dan biasanya terdiri dari beberapa kategori iklan seperti Impression, Traffic, Lead, dan lainnya.

Untuk kamu yang tertarik dan ingin mencoba memasang Iklan melalui Facebook Ads, berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti:

1. Membuat Halaman Di Facebook

Sebelum membuat Iklan di Facebook Ads, kamu dapat memulainya dengan membuat Facebook Pages dan pilih jenis halaman sesuai dengan bidang bisnis yang kamu geluti. Hal selanjutnya adalah kamu harus melengkapai data dan informasi dari bisnis tersebut, dan meng upload foto profilnya.

2. Buka Facebook Ads

Selanjutnya kamu dapat membuka laman Facebook Ads Manager, dan pastikan anda sudah login .

3. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Lalu buka menu Kampanye dan klik buat iklan. Selanjutnya Facebook akan memberikan dua pilihan untuk membuat iklan, antara Iklan terpandu atau Iklan cepat, nah kamu tentukan pilihanmu sendiri ya.

4. Tentukan Tujuan Iklan Anda

Selanjutnya Facebook akan menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori yaitu: Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Kamu harus mengenali satu per satu dulu nih beberapa tujuan iklan tersebut sebelum menentukannya. Dan setelah kamu memahami serta meyakini tujuan iklan yang kamu pilih, kamu dapat mengklik nya.

5. Memilih Jenis Iklan

Pada menu ini, Facebook akan menyediakan 2 pilihan jenis iklan. Yaitu: Uji Split, dan pengoptimalan anggaran. Pada iklan uji split, anda akan di haruskan untuk membuat iklan dengan 2 konten yang berbeda. Misalnya konten A dan konten B. Dan anda juga dapat melihat di antara kedua iklan tersebut mana yang membuat masyarakat lebih tertarik, tetapi kekurangan pada jenis iklan ini adalah pengeluaran dana yang akan lebih besar dibandingkan dengan opsi yang kedua.

Untuk iklan jenis Pengoptimalan Anggaran, kamu dapat memasukkan anggaran yang akan kamu gunakan, contohnya 2 juta dan anggaran tersebut akan di gunakan untuk mempromosikan produk kamu.

6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Yang selanjutnya kamu dapat menulis nama iklan dan menyingkronisasi kannya dengan beberapa media sosial lain seperti WhatsApp, Massenger, dan website.

7. Tampilkan Promo dan berikan tanda centang

8. Tentukan Target Audience

Kamu dapat menentukannya sesuai umur, jenis kelamin,  dan lokasi mana yang kamu kehendaki.

9. Memilih Format Iklan dan Buat Teks nya

10. Pilih Gambar dan Judul Iklan

Pada langkah terakhir ini, anda juga dapat memasukkan link tautan yang akan dituju sehingga akan terlihat oleh audience.

Beberapa tips di atas dapat kamu coba ya, tetapi untuk kamu yang tidak ingin repot-repot dapat juga menggunakan beberapa website yang menyediakan jasa iklan facebook seperti di website https://www.sribu.com/id/cat/jasa-iklan-facebook.