Apa Itu Jasa Input Data? Berikut Penjelasannya

Others

Menjadi seorang freelancer?

Siapa takut! Mungkin bagi sebagian orang pekerjaan ini adalah hal yang sulit karena harus terbiasa dengan deadline. Tapi sebenarnya menjadi pekerja lepas ( freelancer ) adalah pekerjaan yang sangat sederhana. Kenapa dapat di bilang sederhana?

Karena pekerjaan ini tidak membutuhkan keahlian khusus, tetapi apakah kamu pernah mendengar seorang freelancer yang bekerja pada bidang penginputan data?

Apakah ini juga dapat di katakan sederhana dan tidak membutuhkan keahlian khusus?

Seorang Penginput data biasanya bekerja secara online, melakukan proses lamaran via formulir digital, bernegoisasai upah yang di dapatkan juga menggunakan aplikasi atau platform khusus, serta menyerahkan hasil kerja juga secara online dan biasanya menggunakan aplikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan klien atau perusahaan yang merekrut. Data yang di input biasanya akan di masukkan ke sebuah blog, website, toko online atau penyimpanan online lainnya.

Pekerjaan ini terbilang cukup mudah, meskipun begitu kamu tidak boleh meremehkannya, karena seoran penginput data biasanya harus menguasai beberapa hal seperti:

  • Mengetahui jenis-jenis input data.
  • Memahami dasar penggunaan komputer dan program-program nya.
  • Memiliki keterampilan dan kecepatan mengetik, dengan meminimalisir kesalahan.
  • Memahami Bahasa Inggris dengan baik.
  • Adabnya sertifikat khusus dari balai pelatihan mengenai penguasaan komputer.

Selain beberapa hal di atas, menurut https://www.sahm-ahsas.com ada beberapa fakta lain yang harus kamu ketahui dalam pekerjaan di bidang ini:

  1. Kamu harus mendapatkan kepercayaan dari klien atau perusahaan yang sudah memutuskan untuk merekrutmu, jangan sampai mengecewakan nya dan usahakan harga yang kamu dapatkan adalah hagra yang sesuai dengan skill kamu.
  2. Tidak ada salahnya untuk meningkatkan kemampuan kamu pada bidang yang lain. Bidang penulisan, editing, atau proofreading misal nya. Dengan begitu perushaan akan memberi nilai plus untuk kamu.
  3. Memiliki komitmen yang tingi. Menjadi seorang freelancer, terkadang harus terbiasa untuk bekerja dengan padat nya deadline atau juga menumpuk nya pekerjaan. Dengan integritas dan komitmen yang kamu bangun dari awal, tentu tidak akan membuat konsumenmu kecewa bukan?
  4. Mencoba untuk menjalin kerja sama dengan waktu jangka panjang dengan perusahaan, misalnya 3 atau 4 bulan. Jika kamu bekerja dengan waktu yang sedikit lama dan hasilnya bagus, berarti perusahaan percaya denganmu dan hasil kerjamu.
  5. Kamu dapat mengerjakan pekerjaan ini kapan pun kamu memiliki waktu luang, karena pekerjaan ini adalah online. Bahkan sambil bersantai di kamar dan mendengarkan musik pun dapat kamu lakukan. Tapi ingat, tetap harus fokus ya jangan sampai tidak teliti dan pekerjaan kamu banyak yang salah sehingga klienmu kecewa!